Home » , , » Peluang Profit Kedua Arah

Peluang Profit Kedua Arah

Kita semua pasti sudah memahami bahwa jika harga tidak bergerak naik, pastilah harga akan bergerak turun dan begitu pula sebaliknya. Futures trading ada hal unik yang bisa kita maksimalkan mengenai kondisi harga tersebut karena didalam futures trading kita mengenal adanya peluang dua arah. Artinya adalah ke manapun arah harga bergerak kita masih bisa memaksimalkannya untuk memperoleh keuntungan. 
Cara transaksi di futures trading juga sedikit unik dan mungkin pada saat awal anda akan sedikit mengalami kebingungan karena kita tidak membeli atau menjual barang secara fisik melainkan nilai kontraknya yang kita perdagangkan. Ilustrasi di bawah ini sedikit menggambarkan cara bertransaksi forex:
Bayangkan ada sebuah pensil. Harga pensil tersebut saat ini adalah Rp 1.000,-. Analisis Anda mengatakan bahwa harga pensil itu akan naik di pasaran. Jika Anda berpikir untuk berbisnis pensil, yang akan Anda lakukan adalah membeli pensil itu seharga Rp 1.000,-/batang, lalu menjualnya kembali di harga yang lebih tinggi agar Anda bisa untung bukan?
begitu juga sebaliknya jika harga pensil tersebut turun karena tidak laku di pasaran, Secara otomatis anda akan mengalami kerugian.
Di futures trading, kita tidak perlu membeli pensilnya secara fisik. Yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan kontrak beli (BUY), di mana efeknya adalah Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap kenaikan harga pensil tersebut.
Kalau harganya turun bagaimana? Anda tinggal melakukan kontrak jual (SELL), efeknya adalah Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap penurunan harga pensil tersebut!
Skema mekanisme transaksinya sebagai berikut:
two ways opportunity
Jika kita melakukan aksi buy (BELI), maka kita ingin harga dari asset yang kita transaksikan naik sehingga kita menjualnya di harga yang lebih tinggi (lihat ilustrasi di atas, ketika harga naik). Selisih antara harga jual (sell) dan beli (buy) itulah yang menjadi keuntungan kita. Dalam bahasa para trader,mengambil posisi buy sama dengan mengambil posisi long; long artinya buy atau beli"
Demikian juga sebaliknya jika kita melakukan aksi sell (JUAL), maka kita yang kita inginkan adalah terjadinya sebuah pergerakan turun agar kita bisa membelinnya di harga yang lebih rendah (lihat ilustrasi di atas, ketika harga turun). Selisih antara harga jual (sell) dan beli (buy) itulah yang menjadi keuntungan kita. Dalam isitlah trading, kita disebut mengambil posisi short; short artinya sell atau jual"

Popular Posts