Home » » Kisah Trader

Kisah Trader


 Forex trade,,

Kata2 ini dulu membuat saya berfikir keras,apa sebenarnya potensi yang ada dalam bisnis ini,akhirnya saya mencari tau sedikit tentang forex trading,,akhirnya saya menemukan broker yg saya anggap valid yaitu instaforex.com dan Saya langsung download MT4,install,buat demo account dan siap untuk trade,dengan akun demo saya hanya mencari cara open posisi dan closs hanya itu saja,,hanya semalam saja saya menggunakan demo account, Saya langsung deposite 50$ dan selama 2 hari bisa menjadi 150$,,spektakuler sekali,,tapi jujur saat itu saya hanya menganggap ini adalah ajang moneygame,,Karena tidak ada alasan samasekali atas posisi yg saya ambil,mutlak hanya mengandalkan filling saja, Saya terus terobsesi untuk mengumpulkan banyak,lebih banyak lg balance di akun trade saya selama filling saya tepat,jauh kepada unsur keberuntungan,,saya tidak pernah berfikir sisi resiko yg diberikan oleh monitor yg ada di hadapan saya,yg saya tau terus menerus open posisi selama saya mampu,Lama kelamaan saya terkejut karena secara tiba2 market berbalik arah dan saya hanya berharap grafik akan kembali bergerak ke arah yg saya
harapkan,,Tapi apa yg terjadi sungguh diluar dugaan,market terus berbalik sampai pada habisnya modal karena minus/kerugian semakin besar,,bom waktupun meledak,,,dooommmmm,,,,saya MC untuk pertama kalinya,,,
Tapi mulai timbul rasa penasaran dihati saya,,maka saya kembali memasukan modal saya sebesar 1000$ dan berharap dapat memperoleh uang cepat di forex,ternyata saya terjebak dalam kondisi yg sama seperti sebelumnya,dan tingkat emosi yg semakin tinggi serta menghilangkan logika sebagai seorang trader dan tidak lebih hanya seorang gambler,,,(baca disini trading vs gambler) Akibatnya saya kembali gagal,,karena mengulangi kesalahan yg sama,,setelah 4x mengalami kegagalan dengan kesalahan yg sama akhirnya saya berhenti dan berpikir apa yg sebenarnya saya lakukan,apakah saya ingin melanjutkan petualangan di trading forex,,,???atau menyudahinya dengan kerugian yg sudah terjadi,,,???
Akhirnya saya mulai dengan niat yg kuat tertanam dihati dan otak saya,bahwa saya ingin berubah,dan menginginkan terus terjun didunia forex trade,,kadang saya berfikir apakah trading forex merupakan sebuah monaygame,,??saya terus mencari informasi dan coba mencerna dengan logika yg sehatdan pola pikir yang bijaksana,,tidak masalah bagi saya untuk menghabiskan waktu dan sedikit uang untuk proses belajar,,saya terus menggali potensi yg ada,,karna menurut saya "orang yg paling merugi adalah yg telah kehabisan sejumlah materi berupa uang tetapi tidak mendapatkan pengetahuan apapun" nah,,inilah alasan terkuat saya untuk terus berjuang dalam mencari tau tentang forex trade lebih dalam lg.(baca disini)
Pertama saya mulai pencarian pengetahuan tentang trade hanya melalui membaca dan mencerna apa yg saya baca dengan melogikakannya secara sederhana dan bijaksana,, Dan saya mulai dengan membuat seperangkat peraturan yg saya anggap baik dan sesuai dengan karakteristik saya, Dan memulai mencobanya sampai saya menemukan aturan yg tepat untuk diri saya sendiri,,
Saya berfikir harus memiliki sebuah system trading yg tepat.(Baca selengkapnya disini) untuk karier trading yg saya jalankan, Saya memulai dengan sesuatu yg baru juga dengan situasi baru serta
pengetahuan yg baru pula. Tidak ada yg pasti dan instan didunia ini,semuanya memerlukan proses yg panjang,seperti sekelumit cerita tentang awal saya terjun di dunia forex.dimulai dari seorang yg bodoh sehingga memiliki sebuah pengetahuan yg bisa dijadika bekal hidup kelak dikemudian hari,, Saat ini saya bukanlah seorang yg  memiliki banyak uang dari hasil trade,,saya sama saja seperti kebanyakan orang disana yg masih terus membongkar laci dunia lewat forex trade,,,
Setidaknya saya memiliki sedikit pengetahuan untuk diri saya pribadi bagaimana cara saya memperlakukan forex trading,,agar saya tidak lupa dengan pengetahuan yg saya miliki,saya menuangkannya di sebuah blog gratisan di http://rianwardhana.blogspot.com Dan sengaja saya bagikan untuk dibaca oleh semua orang yg mau membacanya sebagai sebuah motifasi untuk terjun ke dunia trading khususnya forex...
Saya tidak berbicara hal yg terlalu membesar2kan diri saya,,saat ini saya mengalami sebuah kondisi dimana saya harus kehabisan modal karena beberapa kegagalan yg terjadi dalam forex,, Tetapi saya sudah memiliki pengetahuan untuk bisa mencari keuntungan melalui transaksi jual beli di forex,saya yakin jika dilakukan dengan tekun dan serius serta konsistance tinggi maka ini adalah awal kebangkitan dari keterpurukan yg dialami,,, Saya lebih memilih diam dan tidak banyak bicara tentang trading dikalangan teman2 karena menurut saya semua manusia berbeda tingkatannya,,tetapi seiring berjalannya waktu dan semakin besarnya minat orang untuk terjun ke dunia forex,yang senantiasa menyajikan keuntungan dan kerugian dengan tingkat persentasi yg sama besarnya,membuat sebagian besar orang memilih terjun kedunia forex trading sehingga membuat trading forex bukan lg Hal baru,tetapi sudah mulai menjamur dikalangan pecinta bisnis internet,,,
Tetapi ada 90% dari mereka yg selalu gagal seperti cerita saya diatas,,dan hanya 10% saja yg mampu bertahan dengan tingkat pengetahuan yg tinggi, Saya sadar bahwa saya bukanlah seorang trader kelas wahid,dan juga bukan master,saya hanyalah sebagian kecil trader yg  ingin memperbaiki taraf hidup yg lebih baik melalui bisnis forex trade,dan berusaha agar selalu ingat kepada pengalaman pahit yg pernah dialami agar terhindar dari melakukan kesalahan yg sama,,dan juga tidak melupakan kiat2 seorang yg punya cita2 untuk masa depan,dengan meminimalkan sisi resiko dan membatasi kerugian dalam berbisnis perdagangan sebuah product.
Dari hari ke hari dan minggu ke minggu,bulan berlalu,saya merasakan mulai ada perubahan mulai dari pola pikir saya tentang trading,psikologi saya yang mulai terealisasi,serta terus belajar selagi dunia masih berkembang. saya leebih menghargai trading forex sebagai bisnis perdagangan yang cukup memberikan ilmu pengetahuan yang secara tidak sadar kita alami..
sadar atau tidak,sejak saya menggeluti trading forex saya jadi tau sedikit tentang ekonomi dunia yang saat ini terjadi mulai dari buruknya tenaga kerja,tingkat kemiskinan,bahkan berita2 hangat yang hadir dari setiap negara didunia,,saya rasa anda juga merasakan perbedaan yang ada dalam diri anda,itu artinya sudah ada sedikit perubahan yang hadir dalam diri kita,tinggal bagaimana kita menyikapi semuanya.
Saya memandang sesuatu tidak selalu dari segi negatifnya,coba dicerna dengan cara yang sederhana dan realita,besar kecilnya penghasilan seseorang bukan jaminan bahwa orang trsebut sudah memenuhi semua kriteria.apa lagi dalam dunia prdagangan,siapapun pedagangnya (trader),, apapun yang diperdagangkan (trading),, baik dia senior ataupun junior pasti akan mengalami kerugian dalam aktifitas perdagangannya (trading) karena Tidak ada yang sempurna didunia ini.
Tetapi seorang pedagang (Trader) yang memiliki pola pikir profesional pasti telah memiliki strategi dan cara sendiri untuk menghadapi hiruk pikuknya sebuah pasar.

Prinsip dan cara serta hasil dari trader satu dngan yang lainnya tidak akan pernah sama,tetapi tidak ada salahnya jika kita saling share dan saling berbagi akan menghasilkan sesuatu yang lebih menuju pada kebaikan diri kita.
karena hukum perdagangan sebenarnya sangat sederhana sekali,beli disaat murah dan jual disaat mahal,itu sudah hukumnya dari jaman nenek moyang kita pun akan seperti itu,,tetapi dalam kenyataannya kita sulit sekali mencerna dengan benar cara yang begitu sederhana ini, baca disini
saya sangat teringat akan pepatah waktu saya duduk dibangku sekolah dasar,Membaca adalah jendela Ilmu,dan itu saya buktikan sendiri,tidak ada guru yang mengajarkan saya,saya hanya belajar dari pengalaman dan karena pengalaman adalah guru yang paling berharga.
mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan,semoga ini menjadi sebuah motifasi,setidaknya silahkan diambil sisi baiknya saja,jika memang dianggap baik,jika tidak maka ini cukup saya miliki sendiri...

salam sukses untuk semua......

Popular Posts